Cari di Blog Ini :

Jumat, 17 Maret 2017

Apel Peringatan Hari Bakti Rimbawan 2017 BTN Kelimutu dan KPH Ende

Bulan Maret menjadi bulan istimewa bagi pelestarian alam. Mengapa? Karena pada bulan ini terdapat tiga hari penting yang dirayakan berkaitan dengan pelestarian alam lingkungan. Dimulai dari tanggal 16 Maret yang diperingati sebagai Hari Bakti Rimbawan, kemudian tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Hutan Sedunia, serta tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia.

Hari Bakti Rimbawan diperingati setiap tanggal 16 Maret bertepatan dengan hari lahirnya Departemen Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1983. Peringatan Hari Bakti Rimbawan di tahun 2017 ini dirangkai dengan peringatan Hari Hutan Sedunia. Hari Hutan sedunia diperingati setiap tanggal 21 Maret berdasarkan Resolusi PBB nomor 67/200 tahun 2012.

Peringatan Hari  Bakti Rimbawan kali ini mengambil tema  "Dengan semangat kerja nyata rimbawan Indonesia bertekad menjaga kelestarian hutan untuk meningkatkan pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan", sedangkan peringatan Hari Hutan Sedunia bertemakan "Hutan dan Energi".

Dalam memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-34 di Tahun 2017 ini, Balai Taman Nasional Kelimutu menggandeng UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Kabupaten Ende sebagai sesama rimbawan yang berbakti pada wilayah Kabupaten Ende.  Menjelang hari puncak perayaan, diselenggarakan berbagai bentuk pertandingan dan perlombaan guna mengakrabkan jiwa korsa sesama rimbawan, berupa pertandingan futsal, permainan kartu seven skop, dan tenis meja. Pertandingan dan perlombaan tersebut dilaksanakan pada hari jumat tanggal 10 Maret 2017 di lapangan futsal jalan Melati-Ende dan di kantor BTN Kelimutu, jalan El Tari-Ende. Selain pertandingan dan perlombaan, juga dilakukan kunjungan pada rimbawan-rimbawan senior di Kabupaten Ende, yakni bapak Permenas Badu dan bapak Piet C. Petu, yang masing-masing merupakan pensiunan PNS BTN Kelimutu dan Dinas Perhutanan dan Konservasi Tanah Kabupaten Ende.

Pada puncak perayaan tanggal 16 Maret 2017, dilakukan Apel Hari Bakti Rimbawan dan Bersih Gunung. Apel Hari Bakti Rimbawan dipimpin oleh Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu (bpk. Persada A. Sitepu, S.Hut., MSi.) sebagai inspektur upacara. Pada kesempatan apel, Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu membacakan Pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Setelah apel dilanjutkan dengan Bersih Gunung, yakni memungut sampah-sampah plastik dan puntung rokok pada areal parkiran dan pada jalur tracking menuju danau tiga warna Kelimutu.===

Foto-foto kegiatan tersebut dapat dilihat di bawah ini :

Pertandingan Futsal :




Lomba Seven Skop :










Pertandingan Tenis Meja :



Bersih Gunung :




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

wisdom for today..

wisdom for today..

Translate